Kamis, 13 Desember 2012

Iqra' Untuk Anak AUD

 
Observasi TPA (Taman Pendidikan Al-quran)

Observasi ini dilakukan untuk memenuhi tugas Neuro Sains. Bertempat di Masjid Muhajjirin jalan Patenggangan Air Tawar Barat, pada tanggal 24 mei 2012. Di situ terdapat beberapa local dan pembagian lokalnya dikelompokkan berdasarkan umur anak. Pada saat itu kami observasi pada local yang mendidik anak usia 6-8 tahun (SD Awal).

Dimana pada saat kami bertiga ( Zahratul Qalbi, Nur Aisyah Lutviani dan Yumailia Veronika). Pada waktu itu kami melihat anak-anak sangat antusias untuk melakukan pembelajaran iqra di dalam local yang telah disediakan pengurusnya. Anak di minta bergantian dan menurut kami itu sangat cocok untuk menanamkan sikap sabar dan membiasakan untuk antri.
Jadwal mengajinya itu mulai dari habis Magrib sampai Isya, bahkan sampai setengah sembilanan. Setiap lokal diajar oleh satu guru, dan kebetulan local tempat kami observasi gurunya mahasiswa di Universitas yang sama dengan kami namun Fakultas berbeda.
Metode mengajinya saat itu adalah dengan cara menyuruh anak menuliskan dibuku mereka masing-masing huruf Hijaiyah yang sesuai dengan halaman yang akan mereka baca nanti. Pada saat itu guru juga memanggil anak satu persatu untuk membaca Iqra’. Didinding local juga terpajang poster tentang cara berwuduk dan ayat kursi. Namun sayang sekali terlalu kecil untuk jumlah anak saat itu.
Hal yang sedikit kurang cocok untuk kami adalah guru kurang memperhatikan anak untuk ikut Shalat berjamaah di Masjid dengan makmum lain. Saat itu kami melihat anak- anak masih sibuk duduk-duduk, main kejar-kejaran di halaman Masjid tanpa ikut Shalat dan pada saat Shalt Isya dating anak-anak dibiarkan saja pulang tanpa terlebih dahulu ikut Shalat. Dalam Proses mengajar guru juga masih menggunakan lidi yang katanya hanya bertujuan untuk menakuti anak. Tapi kami rasa jika anak saja sudah takut tidak mungkin rasanya pembelajaran akan diterima anak dan anak akan merasa tertekan saat itu. Namun semua itu dikembalikan lagi pada diri kita masing-masing.
Ini sedikit foto-foto yang kami ambil saat pembelajaran berlangsung:




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar