Kamis, 13 Desember 2012

Orang tua Cermat Atasi Diare


Mengenali dan Menangani Diare Pada Anak
Diare bukan merupakan penyakit serius yang harus ditakuti oleh orang tua. Ketika diare datang ke dalam tubuh manusia akan menjadi penanda bahwa tubuh sedang terjadi sesuatu yang tidak normal. Saat itu tubuh kita akan mengalami kekurangan cairan, yang telah di keluarkan bersama muntah. Kekurangan  cairan itu menyebabkan tubuh menjadi lemas bahkan dapat mengakibatkan kematian jika menangani dan mengatasinya tidak dengan benar.


Disisi lain diare memiliki pengaruh yang baik untuk diri sipenderita. Pada saat itu diare dapat mengeluarkan penyakit yang ada pada saluran pencernaan kita. Kuman akan keluar bersama kotoran yang dikeluarkan saat diare.
Mengenali penyebab diare
Adapun penyebab anak mengalami diare adalah antara lain:
1.      Orang tua kurang memperhatikan gizi untuk anak, sehungga menyebnya tubuh anak lemah.
2.      Bagi penderita diare ringan biasanya karena terjadi infeksi virus (flu usus). Penyebab terjadinya infeksi itu adalah bakteri amuba, cacing, dan giargi (parasit yang tumbuh dalam usus)
3.      Bagi anak berusia dibawah dua tahun setengahnya disebabkan oleh rotavirus
4.      Terjadinya infeksi di luar usus seperti, infeksi kantong kemih dan campak
5.      Malaria hipefalsiparum dan keracunan makanan
6.      Ketidak mampuan usus mencerna makanan
7.      Alergi terhadap makanan dan efk samping dari obat-obatan tertentu
8.      Terlalu banyak makan makan berlemak dan buah- buahan mentah
Mengatasi diare pada anak
Pencegahan yang dapat dilakukan orang tua diantaranya:
1.      Orang tua harus memperhatikan kebersihan lingkungan, makanan, dan tubuh anak. Terutama untuk makan dan minum anak dari berbagai bakteri dan kotoran .
2.      Jagalah lingkungan dari sampah yang nantinya akan mengundang lalat yang mengandung bibit penyakit.
3.      Jangan meminum air mentah, usahakan untuk memasak air sampai mendidih
4.      Orang tua berkewajiban untuk memenuhi gizi anak dengan makanan yang sehat dan seimbang agar daya tahan tubuh anak kuat.
Cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengobati anak yang sedang menderita diare yaitu:
1.      Banyak sekali orang tua yang melakukan kesalahan menangani anak yang sedang diare. Orang tua sering untuk tidak memberikan anak cairan ataupun makanan. Hal itu merupakan kesalahn fatal yang telah dilakukan, karena justru pada saat itu anak sangat membutuhkan sekali cairan dalam tubuhnya. Asupan cairan ataupun makanan akan sangat membantu untuk mengganti cairan yang telah keluar tadi. Kekuatan sangat dibutuhkan untuk menangkal infeksi tumpangan yang bisa menyerang tubuh kita. Yang harus diperhatikan orang tua justru jangan memberikan makanan yang banyak mengandung lemak hewan. Bagi bayi yang masih mendapatkan ASI dianjurkan untuk tetap memberikannya.
2.      Orang tua dapat memberikan garam oralit untuk anak
3.      Cara tradisional yang dapat dilakukan salah satunya adalah air tajin. Air tajin mengandung tepung ( protein 7- 10%), kadar glukosa yang tinggi dan dua macam poliglukosa (amilosa dan amilopektin) dan juga kadar garam. Hal itu sangat di butuhkan tubuh saat kekurangan cairan, seperti glukosa yang diberikan secara bertahap dalam jumlah yang banyak akan membuat energy diserap tubuh tinggi. Tepung juga cepat dicerna oleh enzim ludah dan pancreas.
4.      Banyak minum dan makan makanan yang lembut
5.      Obat tradisional yang lain yaitu daun jambu biji dikombinasi dengan kunyit berikan pada anak berusia 1-3 tahun 4 X sehari @ 1 sendok makan. Anak berusia 4-5 tahun 4 X sehari @ 2 setengah sendok makan dan untuk anak 6- 8 tahun @ 4X sehari 5 sendok makan. Untuk menghilangkan pahit dapat ditambahkan sedikit madu.
6.      Bagi bayi berusia 1- 11 bulan berikan anak teh kental satu sendok makan 3 kali sehari. Untuk mengurangi rasa sakit beri anak minyak kelapa 1 sendok makan dan 3 tetes minyak kayu putih, kemudian olehkan di atas perut anak.
Oleh karena itu untuk menjaga sikecil tetap dapat sembuh orang tua harus menanganinya dengan benar, jika tidak memiliki ilmu tentang itu bawalah kedokter atau puskesmas terdekat.
Sumber:
Anies ,dr.1998. Mengatasi Gangguan Kesehatan pada Anak (4). Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Santoso,Sugeng .2007. Kesehatan dan Gizi. Jakarta : Universitas Terbuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar