PENTINGNYA PEMBELAJARAN
KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI
oleh:
YUMAILIA VERONIKA
YUMAILIA VERONIKA
Zaman
era Globalisasi dan teknologi ini setiap orang di tuntut untuk dapat menguasi
bahasa dan teknologi. Kedua hal itu memiliki dua aspek yang saling mendukung,
dimana bahasa dapat mendukung seseorang untuk dapat menguasi teknologi. Komputer
dan Internet merupakan salah satu dari teknologi yang sangat dibutuhkan
untuk perkembangan zaman yang semakin
canggih ini.
Seorang
pendidik sangat di tuntut memiliki ilmu dan pendidikan sehingga mereka dapat
menguasai teknologi yang nantinya akan diberikan pada anak didik mereka.
Penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa,
dimana seorang pendidik khususnya Anak Usia Dini memiliki tugas untuk itu.
Pendidik Anak Usia Dini harus dapat mempersiapkan anak didiknya agar dapat
hidup dimasa depan yang diperkirakan teknologi akan sangat mendominasi
kehidupan manusia sehari-hari.
Guru dalam memperkenalkan komputer pada anak didiknya
dapat dimulai dengan cara memberitahukan pada anak apa manfaat komputer itu
bagi kehidupan sehari-hari kita, mulai dari manfaat terkecil yang dekat dengan
kehidupan anak. Misalnya komputer dapat kita gunakan untuk mendengarkan musik,
menonton film, mendapatkan informasi dan bagi orang tua mereka yang bekerja di
perkantoran guru dapat menyebutkannya untuk membantu pekerjaan kantor dalam
membuat surat, kemudian juga dapat digunakan untuk bermain game.
Tugas guru dalam pembelajaran komputer ini
hanya sebatas untuk memperkenalkan objek kepada anak dengan cara yang
menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak.
Saat memberikan penjelasan dan pembelajaran pada anak guru menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami anak sehingga anak dapat merasakan
bahwa komputer itu bukan suatu hal yang sulit dipelajari. Guru harus
menciptakan pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi anak agar anak tertarik
mempelajari komputer.
Pada
usia dini semua pembelajaran sangat tepat diperkenalkan pada anak, termasuk
komputer. Di usia dinilah saat yang tepat untuk mengenalkannya pada anak
apalagi untuk saat ini. Zaman yang memang menuntut manusia untuk menguasai
teknologi. Hal ini sangat didukung dengan penemuan dari seorang pakar yaitu Dr.
Glenn Doman dalam bukunya berjudul How to
Multiply Your Child’s Intelligence yang menyatakan bahwa : “Semua bayi dalam
perkembangan berikutnya akan ditentukan pada usia enam tahun pertama dalam
hidupnya”. Dalam penelitiannya menemukan bahwa sebagian besar anak belajar
diantara usia 1-6 tahun dengan menyerap segala sesuatu yang diajarkan
kepadanya. Pengajaran yang diperoleh anak pada usia ini akan menentukan nilai-nilai
atau keterampilan yang akan mereka miliki di masa mendatang.
Waktu
yang paling tepat memperkenalkan komputer pada anak adalah saat anak berusia
2-4 tahun, dimana pad usia ini anak sedang dalam pengembangan pemikiran logis
dan tingkat kecerdasan tertentu, anak disini bias melakukan aktifitas dalam
dirinya. Melalui computer anak dapat bereksperimen dan menggabungkan dengan hal
yang telah mereka pelajari.
Untuk
menghindari generasi yang gaptek (gagap teknologi), pendidik memiliki kewajiban
memperkenalkan teknologi tersebut kepada anak semenjak dini. Dalam
memperkenalkannya pendidik dapat memulai dengan permainan – permainan edukatif
yang ada dalam computer dan juga mewarnai suatu objek didalam computer yang
sangat disenangi anak-anak.
Berbagai
jenis game tersebut selain bertujuan untuk memperkenalkan anak pada komputer
dan melatih anak menggunakan Mouse juga
dapat untuk mengembangkan aspek – aspek perkembangan anak misalnya kognitif,
motorik halus,seni dll. Game tersebut akan sangat bermanfaat pada anak seperti
prinsip belajar AUD belajar seraya bermain. Game akan membuat anak bermain
dengan imajinasinya dan juga dapat membantu anak untuk berfikir serta
mengingat. Anak juga dapat belajar mengenal berbagai macam hal didalam game tanpa
merasa terbebeni. Selain itu pembelajaran computer pada AUD juga dapat dengan
mengajak anak untuk menggambar dan mewarnai objek pada aplikasi power point.
Disini anak akan belajar untuk memcocokkan warna dengan suatu benda dan hasilnya
dapat langsung di print anak.
Namun
semua itu tidak terlepas dari bimbingan orang tua,guru, dan orang dewasa
lainnya. Kita bertugas untuk mengawasi, mengatur jadwal anak untuk bermain
komputer dan juga memilihkan aplikasi yang memang telah sesuai dengan
perkembangan anak saat itu.Sehingga dampak negatif dari komputer pada anak dapat di minimalisir.
ABSTRAK:
Pembelajaran komputer pada anak saat ini di rasa sudah perlu di adakan pada lembaga pendidikan Anak Usia Dini. Karena di usia dini ini waktu yang sangat tepat untuk memberikan pembelajaran pada anak,dimana mereka masih sangat perlu di berikan stimulus.Dalam pembelajaran guru, orang tua,dan orang dewasa memiliki peran penting untuk mengontrol dan membimbing anak dalam memilih program.
Daftar Pustaka:
ABSTRAK:
Pembelajaran komputer pada anak saat ini di rasa sudah perlu di adakan pada lembaga pendidikan Anak Usia Dini. Karena di usia dini ini waktu yang sangat tepat untuk memberikan pembelajaran pada anak,dimana mereka masih sangat perlu di berikan stimulus.Dalam pembelajaran guru, orang tua,dan orang dewasa memiliki peran penting untuk mengontrol dan membimbing anak dalam memilih program.
Daftar Pustaka:
http://wahyuti4tklarasati.blogspot.com/2010/06/pengenalan-komputer-pada-anak-usia-dini.html
analisa :
artikel belum terdapat kata kunci
telah menggunakan aturan ukuran huruf, jenis huruf, dan spasi yang sesuai.
belum menggunakan persyaratan pembuatan artikel yang sebenarnya.
analisa :
artikel belum terdapat kata kunci
telah menggunakan aturan ukuran huruf, jenis huruf, dan spasi yang sesuai.
belum menggunakan persyaratan pembuatan artikel yang sebenarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar