Senin, 19 November 2012

Artikel Pentingnya Pembelajaran Komputer Pada Anak Usia Dini


PENTINGNYA PEMBELAJARAN KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI
oleh:
YUMAILIA VERONIKA

Zaman era Globalisasi dan teknologi ini setiap orang di tuntut untuk dapat menguasi bahasa dan teknologi. Kedua hal itu memiliki dua aspek yang saling mendukung, dimana bahasa dapat mendukung seseorang untuk dapat menguasi teknologi. Komputer dan Internet merupakan salah satu dari teknologi yang sangat dibutuhkan untuk  perkembangan zaman yang semakin canggih ini.
Seorang pendidik sangat di tuntut memiliki ilmu dan pendidikan sehingga mereka dapat menguasai teknologi yang nantinya akan diberikan pada anak didik mereka. Penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa, dimana seorang pendidik khususnya Anak Usia Dini memiliki tugas untuk itu. Pendidik Anak Usia Dini harus dapat mempersiapkan anak didiknya agar dapat hidup dimasa depan yang diperkirakan teknologi akan sangat mendominasi kehidupan manusia sehari-hari.
 Guru dalam memperkenalkan komputer pada anak didiknya dapat dimulai dengan cara memberitahukan pada anak apa manfaat komputer itu bagi kehidupan sehari-hari kita, mulai dari manfaat terkecil yang dekat dengan kehidupan anak. Misalnya komputer dapat kita gunakan untuk mendengarkan musik, menonton film, mendapatkan informasi dan bagi orang tua mereka yang bekerja di perkantoran guru dapat menyebutkannya untuk membantu pekerjaan kantor dalam membuat surat, kemudian juga dapat digunakan untuk bermain game.
 Tugas guru dalam pembelajaran komputer ini hanya sebatas untuk memperkenalkan objek kepada anak dengan cara yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak.  Saat memberikan penjelasan dan pembelajaran pada anak guru menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami anak sehingga anak dapat merasakan bahwa komputer itu bukan suatu hal yang sulit dipelajari. Guru harus menciptakan pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi anak agar anak tertarik mempelajari komputer.
Pada usia dini semua pembelajaran sangat tepat diperkenalkan pada anak, termasuk komputer. Di usia dinilah saat yang tepat untuk mengenalkannya pada anak apalagi untuk saat ini. Zaman yang memang menuntut manusia untuk menguasai teknologi. Hal ini sangat didukung dengan penemuan dari seorang pakar yaitu Dr. Glenn Doman dalam bukunya berjudul How to Multiply Your Child’s Intelligence  yang menyatakan bahwa : “Semua bayi dalam perkembangan berikutnya akan ditentukan pada usia enam tahun pertama dalam hidupnya”. Dalam penelitiannya menemukan bahwa sebagian besar anak belajar diantara usia 1-6 tahun dengan menyerap segala sesuatu yang diajarkan kepadanya. Pengajaran yang diperoleh anak pada usia ini akan menentukan nilai-nilai atau keterampilan yang akan mereka miliki di masa mendatang.
Waktu yang paling tepat memperkenalkan komputer pada anak adalah saat anak berusia 2-4 tahun, dimana pad usia ini anak sedang dalam pengembangan pemikiran logis dan tingkat kecerdasan tertentu, anak disini bias melakukan aktifitas dalam dirinya. Melalui computer anak dapat bereksperimen dan menggabungkan dengan hal yang telah mereka pelajari.
Untuk menghindari generasi yang gaptek (gagap teknologi), pendidik memiliki kewajiban memperkenalkan teknologi tersebut kepada anak semenjak dini. Dalam memperkenalkannya pendidik dapat memulai dengan permainan – permainan edukatif yang ada dalam computer dan juga mewarnai suatu objek didalam computer yang sangat disenangi anak-anak.
Berbagai jenis game tersebut selain bertujuan untuk memperkenalkan anak pada komputer dan melatih anak menggunakan Mouse juga dapat untuk mengembangkan aspek – aspek perkembangan anak misalnya kognitif, motorik halus,seni dll. Game tersebut akan sangat bermanfaat pada anak seperti prinsip belajar AUD belajar seraya bermain. Game akan membuat anak bermain dengan imajinasinya dan juga dapat membantu anak untuk berfikir serta mengingat. Anak juga dapat belajar mengenal berbagai macam hal didalam game tanpa merasa terbebeni. Selain itu pembelajaran computer pada AUD juga dapat dengan mengajak anak untuk menggambar dan mewarnai objek pada aplikasi power point. Disini anak akan belajar untuk memcocokkan warna dengan suatu benda dan hasilnya dapat langsung di print anak.
Namun semua itu tidak terlepas dari bimbingan orang tua,guru, dan orang dewasa lainnya. Kita bertugas untuk mengawasi, mengatur jadwal anak untuk bermain komputer dan juga memilihkan aplikasi yang memang telah sesuai dengan perkembangan anak saat itu.Sehingga dampak negatif dari komputer pada anak dapat di minimalisir.
ABSTRAK: 
Pembelajaran komputer pada anak saat ini di rasa sudah perlu di adakan pada lembaga pendidikan Anak Usia Dini. Karena di usia dini ini waktu yang sangat tepat untuk memberikan pembelajaran pada anak,dimana mereka masih sangat perlu di berikan stimulus.Dalam pembelajaran guru, orang tua,dan orang dewasa memiliki peran penting untuk mengontrol dan membimbing anak dalam memilih program.
Daftar Pustaka:
http://wahyuti4tklarasati.blogspot.com/2010/06/pengenalan-komputer-pada-anak-usia-dini.html
analisa :
artikel belum terdapat kata kunci
telah menggunakan aturan ukuran huruf, jenis huruf, dan spasi yang sesuai.
belum menggunakan persyaratan pembuatan artikel yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar