Senin, 12 November 2012

hidup sehat ketika lampu dimatikan pada malam hari

 Hidup Sehat ketika Lampu Dimatikan Pada Malam Hari

Dalam hadist Rasululllah SAW yang di riwayatkan oleh Muttafaq'alain mengatakan bahwa nabi bersabda:
"Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamuakan tidur, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman"

Hadist tersebut angat menguatkan dari berbagai hasil penelitian para ahli kesehatan. Kantuk terjadi karena Sintesis dan Sekresi hormon  Melatolin oleh pineal meningkat seiring dengan semakin malam halitulah yang menyebabkan kantuk. Hormon Melatolin akan berhinti berproduksi pada saat adanya cahaya. Hormon Melatolin adalah salah satu hormon kekebalan yang memerangi dan mencegah penyakit kanker postat dan payudara berproduksi antara pukul 9 malam - 8 pagi.

 Seorang ahli Biologi John Robert mengatakan bahwa tubuh baru dapat memproduksi hormon Melatonin pada saat ada cahaya.
Praktisi kesehatan lainnya, Lynne Eldridge M.D yang juga penulis buku 'Avoiding Cancer One Day At A Time' juga menuliskan perempuan buta 80 persen lebih kecil terkena risiko kanker payudara dibanding rata-rata perempuan lain. Diduga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya karena penglihatan yang gelap membuatnya punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi.
Para ilmuwan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik, maka bisa menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker. 
Selain itu para ahli juga menyebutkan bahwa anak-n=anak dengan tidur lampu menyala dapat beresiko mengidap penyakit Leukimia, dan jika mereka belum terbiasa dapt menggunakan lampu bewarna merah atau kuning.
Dr Rachel menambahkan bahwa ini adalah temuan terbaru dan masih sebatas penelitian pendahuluan. Namun kini ia dan tim tengah menganalisa wilayah ini secara lebih mendetail. Hasil ini juga telah dilaporkan dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics.
sumber:  (FB Mutiara Air Mata MUslimah oleh R.Syarif Ario Dgs.Html)
http://health.detik.com/read/2010/04/13/144049/1337410/766/tidurlah-dengan-lampu-mati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar